CARA CEK NISN MELALUI NAMA SISWA

WARUNG ID-CARD kali ini akan membahas cara cek NISN melalui Nama Siswa.
Sebelum kita mengecek NISN melalui nama siswa, sebaiknya kita lihat dulu pengertian NISN berdasarkan informasi dari situs resmi KEMDIKBUD.

NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional. NISN merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik yang terdiri dari 10 digit. NISN dikatakan unik karena 3 digit nomor pertama menunjukkan tahun lahirnya siswa, misalnya tahun lahir siswa adalah tahun 2001 maka 3 digit awalnya yaitu 001, kemudian diikuti oleh 7 digit kode unik setelahnya.

Nah, setelah kita tahu apa itu NISN. Sekarang, kita akan mengecek NISN melalui nama siswa. Cara Mencari NISN berdasarkan nama, tempat dan  tanggal lahir siswa merupakan cara saat kita lupa atau tidak tahu NISN siswa. Adapun caranya adalah sebagai berikut :


Pertama. Kunjungi nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data 
Kedua. Klik menu "Pencarian Berdasarkan Nama".
Ketiga. Masukan Nama Lengkap, Tempat dan Tanggal Lahir siswa.
Keempat. Klik "Cari".

atau untuk sementara bisa kunjungi ke referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/   
dikarenakan ada proses konfigurasi server di KEMDIKBUD nya..

Setelah itu, maka akan tampil tabel hasil pencarian NISN kita. Kita akan melihat kolom NISN, Nama, Jenis Kelamin, Tempat dan Tanggal Lahir. Catat dan simpan baik-baik NISN ini. Selamat Mencoba.
Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN.

Berikut adalah beberapa Tujuan dan Manfaat dari NISN yang diberikan kepada setiap siswa oleh KEMDIKBUD :
  1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan. 
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.
Kami SIAP membantu cetak kartu Pelajar dan kartu NISN siswa Sekolah Anda,Segera hubungi kami WARUNG ID-CARD, Cetak kartu Pelajar Mudah, Cepat dan Murah di 0813.2060.7341

Silahkan klik untuk mengetahui cara buat kartu NISN pake QR-Code

Kami siap cetak kartu pelajar NISN QR-Code untuk seluruh sekolah yang ada di Indonesia, termasuk sekolah-sekolah yang ada di   Jakarta, Bandung, Banten, Tangerang, Bogor, Bekasi, Karawang, Depok, Serang, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Cirebon, Subang, Sumedang, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Banjar, Tegal, Pekalongan, Cilacap, Brebes, Pemalang, purwokerto, Banyumas, Kebumen, Semarang, Temanggung, Magelang, Salatiga, Yogyakarta, Klaten, Surakarta, Solo, Magetan, Purwodadi, Nganjuk, Kediri, Ponorogo, Madiun, Kudus, Jepara, Tulung Agung, Blitar, Jombang, Mojokerto, Malang, Surabaya, Lamongan, Pasuruan, Probolinggo, Madura, Bangkalan, pamekasan, Sumenep, Lumajang, Bondowoso, Banyuwangi, Bali, buleleng, Kuta, Kintamani, Gianyar, Benoa, Nusapenida, Tanjung Karang, Lampung, palembang, Lahat, batanghari, Muara padang, Banyu Asin, Bangka, Belitung, Prabumulih, Bengkulu, Jambi, Kuala Indragiri, Singkep, Riau, Kepulauan Riau (Kepri), Bintan, Tanjung Pinang, Sekupang, Batam, Bengkalis, Padang, solok, Bengkalis, Bukit Tinggi, Pariaman, Nias, Dumai, Danau toba, Samosir, brastagi, Binjai, Medan, Pematang siantar, Tebing Tinggi, Belawan, Singkil, Langsa, Lhokseumawe, Aceh, Banda Aceh, Sabang, Seulawah, Agam, Sigli, Pemangkat, Singkawang, Pontianak, Ketapang, Sampit, Martapura, Amuntai, Balikpapan, Samarinda, Bontang, Tarakan, Manado, Gorontalo, Palu, Poso, Parigi, kulawi, Limbong, Kalumpang, Mamuju, Pare-Pare, Palopo, Makassar, Tamalate, Kendari, TErnate, maluku Utara, Halmahera, Maluku, Buru, Ambon, Dompu, Bima, Sumba, Ntb, NTT, Ende Maumere, Flores, Atambua, Kupang, Timor, Arafura, banda, Sorong, Manokwari, Raja ampat, Berau, Nabire, Puncak Jaya, Jaya Wijaya, Jayapura, Jawa, Sumatera, kalimantan, Sulawesi,Nusa Tenggara, Papua.

Tidak ada komentar: